Jump To Run II

Welcom……

Akhirnya usai sudah kalian menanggalkan seragam kebanggaan kalian yang sudah dipakai selama 3 tahun lamanya dan kini persiapkankanlah diri kalian untuk mengarungi jalan hidup yang lebih menekankan aspek kemandirian dan kedewasaan. Kalian pasti tidak menyangka kalau bisa diterima di Universitas yang terkenal bukan hanya di Indonesia juga namun Universitas yang
mampu bersaing di dunia ini. Perlu kalian ketahui bahwa universitas yang kalian singgahi sekarang ini adalah Universitas nusantara yang bermahasiswakan mahasiswa mahasiswa yang tidak hanya berasal dari penjuru tanah air namun juga diminati oleh mahasiswa asing.
Bukanlah suatu kebetulan jika kalian diterima di universitas yang lebih akrab dengan julukan “kampus biru” ini. Namun berkat adanya suatu proses yang begitu panjang untuk menentukan prioritas kalian mengapa kalian masuk di sini. Tidak semudah memejamkan mata bagi kalian untuk bisa menjadi mahasiswa di kampus tercita kita ini; “Universitas Gadjahmada” karena kampus kita berusaha untuk mencari yang terbaik dari yang baik. Jadi diterimanya kalian memanglah suatu buah dari usaha keras yang kalian jalani selama ini. Dimulai dari penjurusan saat masuk kelas XI SMA. Bukankah suatu perjuangan untuk memilih yang terbaik dari yang baik? Pada awal memilih 2 program di SMA yakni IPA ato IPS ato bahkan hal lain yang lebih bersifat elit ynag ditawarkan oleh pihak sekolah pun dinilai sebagai suatu perjuangan karena untuk masuk di bagian yang baik tidak bisa langsung saja masuk dengan enaknya. Haruslah ada suatu pertimbangan maupun trik trik khusus agar kita masuk di komnitas yang “unggul tersebut”. Usaha usaha yang dilakukan oleh bebagai siswa pun beraneka ragam, mulai dari belajar kelompok, Les di suatu lembaga pengajaran atau Les privat dengan orang yang mumpuni di bidangnya. Itu semua butuh perjuangan serta pengorbanan dari kita. Mulai dari waktu, uang, tenaga dan bahkan pikiran kita curahkan agar nantinya kita bisa mencapai apa yang kita inginkan khususnya yang berkaitan dengan pendidikan. Dengan berbagai usaha keras tersebut akhirnya kalian bisa lulus dengan nilai yang cukup atau bahkan memuaskan dan diterima di kampus ini.
Begitu juga ketika kalian akan masuk kampus ini, tentunya kalian dipusingkan untuk menentukkan memilih dari sejumlah fakultas yang berjumlah 18 buah dengan jurusan dan prodi lebih dari 50 yang semua itu memiliki akreditasi secara umum adalah A. Pastinya kalian sudah memikirkan secara baik untuk memilih 3 pilihan utama (saat UM, walaupun nantinya hanya satu pilihan yang menjadi hak kalian) dan tidak asal pilih.hal itu didasari bahwa sesungguhnya ada suatu keinginan tersendiri yang ada pada diri kalian untuk memilih jurusan tersebut, dan sudah barang tentunya kalian mempunyai setidaknya sedikit bidang yang anda sukai atau kuasai pada pilihan yang anda pilih…..Lalu mengapa anda bisa sampai di Geofisika?

WELCOME to Jump…….

So…memang gak salah pilih kalian ini untuk menjadi penghuni di komunitas kami..hehe…kami ini termasuk pilihan yang dapat dikatakan masih langka untuk dijumpai. Setidaknya ada 4 di Indonesia untuk pilihan yang sudah anda pilih ini..yang pertama adalah milik kita sendiri Geofisika UGM, ditambah dari ITB, namun untuk ITB berlatar belakang teknik, UI dan yang ke empat adalah UNHAS. Ada lagi yang sebenarnya adalah ilmu Geomatika namun berubah menjadi geofisika yaitu geofisika ITS.
Geofiika di UGM ini merupakan suatu prodi yang artinya program studi yang berada di bawah naungan jurusan fisika. Karena kita ini berada pada bawah naungan jurusan fisika tentunya kalian sudah ada gambaran mengenai “apa sih” sebenarnya geofisika itu??? Apakah benar suatu ilmu mengerikan yang selalu dijadikan momok bagi para siswa saat SMA yaitu fisika??

….Nha kalau semua di jelasin disini pastinya tidak seru dan masih menimbulkan berbagai perspektif yang berbeda entah itu dari sang pembaca atau penulis itu sendiri. Oya perlu juga kalian ketahui kalau di geofisika ini termasuk dalam 12 program studi di lingkungan UGM(dari 45 program studi di seluruh Indonesia yang berhasil mendapatkan proyek QUE (Quality Of Undergraduate Education) yaitu proyek bottom-up yang sifatnya sangat kompetitif (diperebutkan) di ligkungan perguruan tinggi dan mempunyai tujuan utama meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat bersaing di tingkat intrnasional. Tu kan patut diperhitungkan juga lowh…kompetensi lulusan pun dapat diperhitungkan di kancah internasional…kalian pasti tidak tahu kalau ada alumni dari kita yang mempunyai pabrik minyak di negeri orang…hebat kan? Tidak melulu hanya di indoor aja..maksudnya Indonesia lowh..jadi kita bisa go to internasional dengan sedikit petikan kalau kita punya kemampuan dan keahlian yang mumpuni di bidang kita…dan baru baru ini tahun 2007 kemarin ada mahasiswi dari kita yang diberangkatkan ke Texas…terus sebetulnya yang menjadi pokok fundamental bagi prodi kita adalah penginterpretasian yang ada di dalam bumi..dari sini kita tentunya akan mengetahui banyak hal mengenai apa apa yang ada di dalam bumi…mulai dari bahan tambang dan desain lokasi penambanagn bawah tanah serta interpretasi gejala alam entah itu yang merugikan-gempa bumi-namun yang sejatinya justru menjadi kajian bagi kita…selain itu disamping mempelajari bagian dalam bumi kita juga memperoleh ilmu yang ada di daratan yang juga berkaitan dengan kondisi maupun potensi alam yang ada di Indonesia khususnya serta lingkungan sekitar kita,dimana hal ini akan di kaitkan dengan bahasan pada geofisika lingkungan…
Dan rasanya kurang lengkap kalau hanya mempelajari bagian dalam dan permukaan bumi…satu lagi yang tak kalah penting adalah mempelajari ruang angkasa..Ya, ruang angkasa untuk kita ini berorientasi pada persoalan gejala di atmosfer,,,dan rentunya kalian sudah tidak asing saat mendengar kata kata yang sering banget muncul akhir akhir ini yaitu Badan Meteorologi dan Geofisika…Geofisika, itulah maksudnya. Jadi kita itu bisa dikatakan mempelajari ilmu yang kompleks,mulai dari ilmu fisika itu sendiri, Geologi, matematika bahkan yang tak kalah penting bagi kita adalah metode analisis..yang berkaitan dengan pogramming…tentunya asyik bukan??
Kita memperoleh berbagai ilmu dalam satu cakupan..dosen di prodi kita ini juga sangatlah akrab dan dapat dikatakan dosen yang gaul,asyik dan tentunya punya kompeten yang tidak diragukan lagi..
Kalian akan merasa lebih kenal dan akrab dengan kami yang sudah ada disini ataupun yang terhormat dosen dosen kita yang mayoritas sudah mengenyam pendidikan di luar negeri… lalu bagaimana agar kita saling mengenal satu sama lain ? orang kita saja berasal dari penjuru wilayah yang berbeda, budaya dan cara berpikir yang masih terbelenggu oleh adat setempat? Apakah kita harus mengontak satu persatu dari mereka??
Rasanya gak mungkin dan haruslah ada suatu kegiatan yang dapat menyatukan sekaligus mempertemukan kita supaya satu sama yang lain dapat mengenal dan timbullah rasa keakraban dan kekeluargaan di antara kita….

Welcome to Run…..

Wah kayaknya bagi para Maba terasa kebingungan ya ketika pertama kali masuk di kampus yang besar ini lebih lebih lagi ketika akan pertama kali melihat segitu banyaknya organisasi yang tersebar secara merata baik di tingkat Universitas, fakultas, jurusan dan bahkan prodi sekalipun…mulai dari yang namanya BEM, Jamiyah shalahuddin ( rohisnya Universitas ) serta UKM UKM yang begitu banyak dan tau gak kalau UKM di UGM itu merupakan UKM terbanyak yang ada di Indonesia dan organisasi organisasi yang tak kalah pentingnya di tingkat fakultas maupun prodi seperti KMF dan HMGF….
Nah,saat masuk di kampus ini pastinya kalian akan merasa sulit untuk lebih mengenal lebih jauh tanpa mengikuti program yang mereka buat guna mengenalkan apa yang menjadi kegiatan mereka….khususnya bagi kalian ini ya di geofisika tentunya….kalian mau tidak mau haruslah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh kami mahasiswa Geofisika,,,bagaimana mau kenal kalau kalian sendiri acuh terhadap kami? Kami peduli akan keberadaan kalian…oleh karena itu di awal tahun ini kami akan mengadakan semacam kegiatan yang berorientasi pada bidang geofisika dan juga memperkenalkan kepada kalian apasih geofisika itu? Bagaimana sih prospek ke depannya? Serta apasih yang menjadi pokok kajian dalam geofisika?
Lalu untuk mewujudkan hal tersbut maka kami pun akan mengadakan kegiatan yang bernama OPMG…yang merupakan singkatan dari Orientasi Pengenalan Medan Geofisika. Di dalam kegiatan yang satu ini kalian akan mendapatkan pengertian ataupun hal hal yang berkaitan dengna geofisika secara jelas,karena apa? Salah satu kegiatan OPMG sendiri adalah pengenalan ataupun interakasi yang dilakukan antara para dosen geofisika, alumni serta kakak angkatan. Jadi lewat forum maupun kegiatan yang ada dalam OPMG ini kalian bisa bertanya mengenai geofisika secara langsung pada orang yang telah berkecimpung dalam dunia geofisika selama bertahun tahun.
OPMG ini merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan sekali selama setahun dan biasanya ada dua kali sesi yaitu sesi di dalam kelas dan sesi luar kelas yang berarti kita melakukan kegiatan keluar yang biasaya ada di suatu medan yang nantinya akan berkaitan dengan kegiatan para geosaintis di lapangan.
Bagi Maba maka OPMG ini dapat dikatakan hukumnya wajib. Karena apa? Jika saja Maba yang mengambil pilihan prodi geofisika ini tidak megikuti kegiatan rutin ini maka dengan berlandaskan AD dan ART dari HMGF ( Himpunan Mahasiswa Geofisika) kalian tidak bisa menjadi bagian dari kami, keluarga Himpunan Mahasiswa Geofisika. OPMG itu sendri sebagai suatu prasarat awal bagi kalian guna untuk bergabung dan menjadi bagian dari kami – keluarga mahasiswa geofisika. OPMG sebenarnya merupakan suatu bentuk fasilitator bagi kalian maupun kami untuk saling mengakrabkan dan mengenal satu sama lain. Di dalam pelaksanaanya nanti juga ada kaitannya dengan materi materi kuliah yang akan kalian hadapi. Salah satu contohnya adalah mengenai perpetaan dan plotting suatu tempat. Jadi lewat kegiatan ini akan sedikit dibeirkan ilmu yang bermanfaat bagi kalian ketika kalian berada di lapangan nantinya .Namun yang lebih penting dari kegiatan ini sebenarnnya adalah rasa kebersamaan. Sebetulnya di dalam dunia geofisika yang terpenting adalah kerjasama ada kekompakan karena pada esensinya geofisika adalah berorientasi pada team work yang saling bekerjasama untuk mencapai hasil yang optimal. Hal lain yang juga tak kalah pentingnya adalah pelatihan fisik, kebanyakan dari seorang geofisikawan adalah dibutuhkan fisik yang cukup bagus karena seringnya melakukan aktivitas di luar, namun tidak semuanya begitu tergantung dari kita mau ambil yang mana.tinggal pilih saja.
Kegiatan OPMG ini memang dilaksanakan secara khusus dan hanya ditujukan bagi kalangan sendiri yaitu mahasiswa geofisika. Acaranya pun sangat asyik dan berbeda dengan acara acara lain yang ditawarkan oleh prodi prodi lain. OPMG menjadi ciri tersendiri bagi pelaksanaan kegiatan rutin tiap tahun. Melalui kegiatan ini kalian pasti akan merasakan suatu momen yang belum pernah anda alami. Dan yakinlah kegiatan ini akan selalu kalian kenang sepanjang hidup kalian dan memesan ruang tersendiri dalam memori otak kalian. Unforgettable moment and memories. Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan jalannya acara yang akan kalian ikuti. Acaranya akan berjalan seru, menarik dan penuh dengan kejadian kejadian yang atraktif. Wah pokoknya ga bisa deh dikatakan dan diungkapkan secara panjang lebar disini. Tidak akan bisa berakhir jika dituliskan dalam selembar kertas ini. Maka untuk lebih tau mengenai apa OPMG itu sendiri sudah tentunya kalian harus ikut dalam kegiatan khusus ini. Ingat lowh…kegiatan ini hanya untuk kalangan kita….mahasiswa geofisika…
Ingat acara ini wajib diikuti bagi Maba sebagai langkah awal untuk bergabung dalam wadah keluarga Himpunan Mahasiswa Geofisika.


Yogyakarta,
Minggu 16 maret 2008,





Penulis,

Komentar

Postingan Populer